Skala Pencapaian Perkembangan Harian Anak PAUD/TK Kurikulum 2013

Skala Pencapaian Perkembangan Harian Anak PAUD/TK Kurikulum 2013 ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini khususnya untuk melengkapi pernagkat guru dalam proses penilaian anak. Format ini merupakan salah satu format penilaian kurikulum 2013 pada lembaga pendidikan anak usia dini. Proses pembelajaran tentunya harus terintegrasi dengan proses penilaian seperti Skala Pencapaian Perkembangan Harian ini wajib untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang anda laksanakan.

Skala Pencapaian Perkembangan Anak adalah checklist yang diturunkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang memuat indikator pencapaian perkembangan anak yang sudah ditetapkan sebelumnya dan indikator tersebut sudah tercantum di dalam RPPH. Skala Capaian Perkembangan merupakan salah satu dari tiga teknik penilaian harian PAUD, untuk yang belum tahun mengenai Penilaian Harian PAUD dapat anda baca Disini

Skala Capaian Perkembangan Harian PAUD

skala capaian perkembangan harian Paud kurikulum 2013



Cara pengisian Format Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 ini adalah sebagai berikut :
  1. (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru. 
  2. (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru.
    (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru.
  3. (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.

Untuk lebih jelasnya saya akan berikan contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan “berdoa sebelum belajar”, anda dapat mengisi Format Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD dapat diisi menurut ketentuan dengan keadaan seperti dibawah ini.
  1. (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau dicontohkan oleh guru
  2. (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Reghina, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
  3. (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.(BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.

Download Juga !!!

Diharapkan dengan Skala Pencapaian Perkembangan Harian Anak PAUD/TK Kurikulum 2013 ini dapat mempermudah anda dalam membuat penilaian dan evaluasi dilembaga anda. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

0 Response to "Skala Pencapaian Perkembangan Harian Anak PAUD/TK Kurikulum 2013"

Posting Komentar