Contoh Format Penilaian Produk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013

Contoh Format Penilaian Produk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 ini merupakan pilihan topik bahasan yang akan saya kedepankan pada kesempatan kali ini. Setelah sebelumnya saya posting tentang Format Penilaian Unjuk Kerja (yang anda bisa baca disini). Penilaian Produk merupakan salah satu teknik yang digunakan pada penilaian Keterampilan (Psikomotor) yang berfokus pada hasil karya.

Yang membedakan dengan Penilaian Kurikulum 2013 lainnya ialah pada objek penilaian yang lebih mengedepankan pada Produk atau Hasil Karya seperti membuat produk-produk, teknologi, dan seni (contoh: patung, lukisan, dan gambar), makanan (contoh : tempe, kue, asinan, baso, dan nata de coco), pakaian, sarana kebersihan (contoh: sabun, pasta gigi, cairan pembersih, dan sapu), alat-alat teknologi (contoh: adaptor AC/DC dan bel listrik), dan barang-barang yang terbuat dari kain, kayu, keramik, plastik, atau logam.

Teknik Penilaian Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Tahap-tahap dalam melakukan Penilaian Produk Siswa baik di SD, SMP, SMA, SMK diantaranya ialah :
  1. Tahap persiapan, meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam merencanakan, manggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk.
  2. Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik.
  3. Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan, misalnya berdasarkan tampilan, fungsi, dan estetika.

Pendekatan pada Penilaian ini bisa dilakukan dengan 2 cara yakni secara Analitik yaitu berdasarkan semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pembuatan produk/karya ( persiapan, proses pembuatan produk, hasil akhir produk). Kemudian secara holistik, yaitu berdasarkan hasil akhir produk/karya. Berikut Format Penilaian Produk/ Penilaian Hasil Karya.



Artikel Lainnya !!!

Diharapkan dengan Contoh Format Penilaian Produk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 ini dapat mempermudah anda dalam proses penilaian peserta didik. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

0 Response to "Contoh Format Penilaian Produk SD, SMP, SMA Kurikulum 2013"

Posting Komentar