Format Penilaian Kurikulum 2013 Sikap, Pengetahuan, Keterampilan

Format Penilaian Kurikulum 2013 Sikap, Pengetahuan, Keterampilan ini adalah format penilaian terbaru untuk kurikulum 2013 yang kita gunakan sekarang. Terdapat 3 apek penilaian baik pada KTP maupun K13 yakni aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun yang membedakan dalam sistem penilaian K13 lebih menitikberatkan pada aspek sikap (sosial dan spiritual) dan dengan prinsip peilaian yang berbeda.

Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 ini bisa digunakan untuk penilaian SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Dalam kesempatan ini saya akan bahasa sedikit tentang teknik penilaian pada masing-masik aspek dalam Penilaian Kurikulum 2013 yang dilengkapi dengan Format Penilaian / Format Nilai Siswa yang dapat anda download secara gratis.

Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan, Penilaian Pengetahuan

Sikap
Aspek  Sikap dapat dinilai dengan cara berikut:
1. Observasi 
Merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Hal ini dilakukan saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran
Contoh Format Penilaian Observasi

Observasi

Lembar Pengamatan Sikap
Keterangan: 
Berilah kriteria Penilaian dengan angka dari 1 sampai 4 sebagai berikut:
4    : sangat baik
3    : Baik                    
2    : sedang                         
1    : kurang
Catatan : hasil pengamatan harian ini perlu dirangkum setelah 1 minggu atau 1 bulan untuk mendapatkan nilai komulatif sikap.

2. Penilaian Diri
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.

3. Penilaian Antar Teman 
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik  untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.

Contoh Penilaian antar peserta didik

Antar Teman

Keterangan:
Format  bisa ditempel di suatu tempat, masing masing anak menuliskan angka 1 sampai 4 di setiap nama.
1    = kurang
2    = Cukup
3    = Baik
4    = Sangat Baik

4. Jurnal 
Merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal bisa dikatakan sebagai catatan yang berkesinambungan dari hasil observasi.
Contoh penilaian Jurnal

Jurnal


Pengetahuan 
Aspek  Pengetahuan dapat dinilai dengan cara berikut:
a.Tes tulis
b.Tes Lisan


Aspek  Ketrampilan 
a. Performance atau  Kinerja
b. Produk
c. Proyek
d. Portofolio 



Diharapkan dengan Format Penilaian Kurikulum 2013 Sikap, Pengetahuan, Keterampilan ini dapat mempermudah anda dalam format nilai yang baik dan benar. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

0 Response to "Format Penilaian Kurikulum 2013 Sikap, Pengetahuan, Keterampilan"

Posting Komentar