Format Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Format Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013 ini adalah file terbaru yang dalam kesempatan ini akan saya share kepada anda. Format ini berisi Instrumen Penilaian dan Rubrik Penilaian khusus untuk penilaian Sikap baik Sosial maupun spiritual. Bagi seorang guru tentu tahu betul manfaat menggunakan bentuk dan teknik yang benar dalam kegiatan penilaian. Terutama untuk sikap, memang dalam kurikulum 2013 medapatkan perhatian lebih.

Penggunaan Instrumen dan Rubrik Penilaian dipengaruhi oleh Bentuk Penilaian dan Teknik Penilaian yang digunakan. Misalnya dalam Observasi, bentuk instrumen yang digunakan untuk observasi adalah pedoman observasi yang berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik. Daftar cek digunakan untuk mengamati ada tidaknya suatu sikap atau perilaku. 

Instrumen | Rubrik Penilaian Sikap Sosial | Spiritual

Format Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013


Sedangkan skala penilaian menentukan posisi sikap atau perilaku peserta didik dalam suatu rentangan sikap. Pedoman observasi secara umum memuat pernyataan sikap atau perilaku yang diamati dan hasil pengamatan sikap atau perilaku sesuai kenyataan. Rentang skala hasil pengamatan antara lain berupa :
Selalu, sering, kadang-kadang, tidak pernah
Sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik



Pedoman observasi dilengkapi juga dengan rubrik dan petunjuk penskoran. Rubrik memuat petunjuk/uraian dalam penilaian skala atau daftar cek. Sedangkan petunjuk penskoran memuat cara memberikan skor dan mengolah skor menjadi nilai akhir.

Diharapkan dengan Format Instrumen | Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA ini dapat mempermudah anda dalam membuat instrumen dan rubrik penilaian kurikulum 2013. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

0 Response to "Format Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA"

Posting Komentar