Penilaian Ceklis/ Checklist Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD/TK/RA/KB

Penilaian Ceklis/ Checklist Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD/TK/RA/KB ini merupakan salah satu dari teknik penilaian yang banyak digunakan dalam pembelajaran dilembaga pendidikan anak usia dini. Pengertian Penilaian Ceklis adalah checklist yang diturunkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang memuat indikator pencapaian perkembangan anak yang sudah ditetapkan sebelumnya dan indikator tersebut sudah tercantum di dalam RPPH.

Teknik Penilaian Checklist PAUD ini digunakan pada Skala Pencapaian Perkembangan Anak dimana untuk membuat format Skala tersebut kita harus membuat dulu Format Capaian Perkembangan yang didasarkan pada RPPH / RKH. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar tersebut merupakan Preview dari Format Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD dengan menggunakan tekni ceheklist. Kemudian dalam mengisi format penilaian ini adalah sebagai berikut.
Penilaian Ceklis PAUD/TK/RA/KB Kurikulum 2013
  1. (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru. 
  2. (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru. 
  3. (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru.
  4. (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.

Contoh :
  1. (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau dicontohkan oleh guru
  2. (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Reghina, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
  3. (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.(BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.
Diharapkan dengan Penilaian Ceklis/ Checklist Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD/TK/RA/KB ini dapat mempermudah anda dalam melaksanakan penilaian. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

1 Response to "Penilaian Ceklis/ Checklist Skala Pencapaian Perkembangan Anak PAUD/TK/RA/KB"