Contoh Penulisan Deskripsi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2016 SD, SMP, SMA

Contoh Penulisan Deskripsi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2016 ini merupakan informasi terbaru yang saya dapat dari teman yang baru saja mengikuti pelatihan kurikulum 2013 terbaru 2017. Disini saya akan sedikit meringkas penjelasan tentang Penulisan Deskripsi Raport Kurikulum 2013 yang berlaku untuk semua tingkatan sekolah mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang menggunakan Kurikulum Nasional.

Deskripsi Raport ini untuk memberikan penjelasan mengenai Capaian Kompetensi yang telah diraih anak dalam pembelajaran. Dalam Deskripsi ini terdiri dari 3 Ranah Penilaian yakni Penilaian Sikap yang terbagi atas Sikap Sosial dan Sikap Spiritual, Pengetahuan, dan Penilaian Keterampilan. 


Observasi (Contoh Teknik Penilaian Sikap Spiritual)
Instrumen penilaian sikap spiritual (KI.1)
Tema : Diriku
Indikator : 

  1. Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
  2. Mengidentifikasi nama teman
  3. Menyebutkan identitas teman

Sikap spiritual yang akan dinilai :

  1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
  2. Bersuci sebelum beribadah
  3. Bersyukur
  4. Sesuaikan dengan tingkatan kelas, yang disarikan dari inti materi
Penulisan Deskripsi Penilaian Sikap Spiritual Raport Kurikulum 2013

Kemudian dari Format Penilaian tersebut akan dibuatkan rekapitulasinya seperti gambar dibawah ini.

Penulisan Deskripsi Sikap Sosial Raport Kurikulum 2013


Berdasar rekap hasil observasi sikap spiritual semester-1, Budi dan Ali dapat dideskripsikan sebagai berikut :



Budi : 
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah.Sangat terbiasa mensyukuri nikmat pemberian Allah dan terbiasa membaca basmalah setiap memulai aktivitas, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Deskripsi Penilaian Sikap Sosial Kurikulum 2013

Dalam deskripsi ini sebenarnya caranya masih sama dengan yang diatas, jika anda bisa melakukannya sesuai dengan yang diatas maka untuk penilaian ini pun tetap anda pasti bisa. Begitu juga dengan Deskripsi Penilaian Pengetahuan dan Deskripsi Penilaian Keterampilan.

Diharapkan dengan Contoh Penulisan Deskripsi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2016 SD, SMP, SMA ini dapat mempermudah anda dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pada pembelajaran dikelas. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

0 Response to "Contoh Penulisan Deskripsi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2016 SD, SMP, SMA"

Posting Komentar