Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Excel Update 2017

Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Excel ini merupakan sebuah aplikasi atau format excel yang sudah diberi rumus sehingga memudahkan anda dalam menganalisis soal hanya dengan meng-entry jawaban siswa dan jawaban seharusnya. Sebuah soal yang telah diberikan kepada siswa harus dianalisis oleh guru sebagai bahan perbaikan soal kedepannya. Hasil dari Analisis Soal adalah mengklasifikasikan apakah soal itu mudah, sedang, atau sulit dan menentukan yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan mutu soal berikutnya.

Dengan Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dan Uraian ini anda dapat dengan mudah membuat analisis soal tanpa menghitung manual dengan rumus. Tujuan utama analisis butir soal dalam sebuah tes yang dibuat guru adalah untuk mengidentifikasi kekurangan-kekurangan dalam tes atau dalam pembelajaran (Anastasi dan Urbina, 1997:184). Berdasarkan tujuan ini, maka kegiatan analisis butir soal memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah: 

Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda | Uraian

Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Excel

  1. Dapat membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan, 
  2. Sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal seperti tes yang disiapkan guru untuk siswa dikelas, 
  3. Mendukung penulisan butir soal yang efektif, 
  4. Secara materi dapat memperbaiki tes di kelas, 
  5. Meningkatkan validitas soal dan reliabilita.



Dalam aplikasi ini jumlah soal maksimal 60 butir soal yang dapat di-entry, jumlah peserta maksimal 100 siswa, dan anda hanya diperkenankan memberikan isian hanya pada sel yang diberi keterangan untuk diisi, sekaligus pemandu anda dalam mengisi aplikasi tersebut. Jadi dijamin anda tidak akan kebingungan menggunakan aplikasi ini.

Diharapkan dengan Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Excel ini dapat mempermudah anda dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pada pembelajaran dikelas. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

Download Juga !!!

0 Response to "Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Excel Update 2017"

Posting Komentar