Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD/TK/RA Kurikulum 2013

Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD/TK/RA Kurikulum 2013 ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Terdapat beberapa teknik penilaian dalam proses belajar dilembaga pendidikan anak usia dini, dan Hasil Karya Anak merupakan objek penilaian yang tepat dalam memantau perkembagan anak. 

Dalam penilaian ini disebut Catatan Hasil Karya Anak PAUD karena memang hasil penilaian bukan dengan angka atau pun predikat melainkan Deskripsi yang lebih representatif. Hasil karya adalah buah pikir/ ide/ gagasan anak yang dituangkan dalam bentuk karya nyata dapat berupa pekerjaan tangan, karya seni atau tampilan anak, misalnya: gambar, lukisan, lipatan, dll.

Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD/TK/RA Kurikulum 2013



Berikut proses dalam membuat Catatan Hasil Karya Anak PAUD/TK/RA Kurikulum 2013 :
  1. Tuliskan nama dan tanggal hasil karya tersebut dibuat. Data ini diperlukan untuk melihat perkembangan hasil karya yang dibuat anak di waktu sebelumnya.
  2. Tuliskan semua yang dikatakan oleh anak untuk mengkonfirmasi hasil karya yang dibuatnya agar tidak salah saat guru membuat interpretasi karya tersebut.
  3. Catatan dan hasil karya anak disimpan dalam portofolio dan akan dianalisa dalam penilaian bulanan. Hasil karya yang dianalisa adalah hasil karya yang terbaik (menunjukkan tingkat perkembangan tertinggi) yang diraih anak. Hasil karya tersebut bisa yang paling akhir atau dapat pula yang ditengah bulan.
  4. Perhatikan apa yang sudah dibuat oleh anak dengan teliti, hubungkan dengan indikator pada KD. Semakin guru melihat dengan rinci maka akan lebih banyak informasi yang didapatkan guru dari hasil karya anak tersebut.

Diharapkan dengan Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD/TK/RA Kurikulum 2013 ini dapat mempermudah anda dalam melaksanakan penilaian. Saran dan Kritik sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini saya juga sediakan berbagai format raport dan aplikasi raport kurikulum 2013 dan ktsp yang dapat memudahkan segala pekerjaan anda sebagai guru khususnya wali kelas atau guru kelas.

0 Response to "Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD/TK/RA Kurikulum 2013"

Posting Komentar